Pages

Selasa, 19 Februari 2019

“Barongsai Festival” Meriahnya Hanya Di One Parc puri


Mengenal Sedikit Sejarah Barongsai

B
anyak pepatah kuno yang meyakini bahwa tarian barongsai dilakukan untuk mengusir roh-roh jahat.

Barongsai telah hadir sejak abad 1500 tahun silam. Pertunjukan seni ini bermakna untuk mengusir hal-hal buruk yang akan terjadi. Pada masa Dinasti Qing, di sebuah wilayah terpencil di Tiongkok, Cina, telah bersemayam monster yang mengganggu kedamain penduduk setempat. Kedatangannya menimbulkan keresahan dan ketakutan.
 
Pada saat itu, muncul singa atau Barongsai yang menghalangi monster tersebut. Dan akhirnya monster itu pun kalah dan lari kocar-kacir. Singa itu pun pergi, meninggalkan penduduk yang sudah merasa aman.

Lanjut cerita, monster itu merasa sakit hati, dan berniat untuk membalaslan dendam, tanpa sepengetahuan masyarakat setempat. Lambat laun, masyarakat pun tahu dan menyadari bahwa moster tersebut mempunyai niat untuk membals dendam. Masyarakat akhirnya pun dilanda kepanikan, bingung, harus mencari kemana seekor singa kuat dan tangguh yang bisa membuat jera monster itu.

Akhir cerita, masyarakat setempat membuat dan menciptakan sebuah kostum Barongsai seperti yang ada sampai saat ini. Monster itu pun ketakutan. Dan masyarakat berhasil membuat kapok sang monster.
 
Cerita di atas mendasari kenapa Barongsai selalu hadir dalam perayaan Imlek. Yaitu untuk menghilangkan aura-aura buruk.  

Suara pukulan simbal, gong dan gendang selalu mengiringi tarian Barongsai. Masyarakat percaya, bahwa tarian singa adalah pertunjukan yang membawa symbol keberuntungan.

Dan oleh sebab itu, tarian singa (Barongsai) selalu diadakan diberbagai acara-acara penting. Di antaranya, pembukaan dan peresmian unit WOHO (Work Office Home Office) One Parc Puri, Tangerang dengan tema Barongsai Festival.

Secara garis besar, ada dua jenis Barongsai, yaitu Singa Utara dan Singa Selatan. Singa Utara bersurai ikal dan berkaki empat. Penampilan Singa Utara lebih terlihat alami dan lebih mirip singa. Sementara itu, Singa Selatan memiliki sisik serta jumlah kaki bervariasi, antara dua atau empat kaki. Kepala Singa Selatan juga dilengkapi tanduk. 

Setiap gerakan singa, punya irama khusus. Musik drum selalu mengikuti si singa, sedangkan simbal dan gong mengikuti si pemain gendang.

Tarian Barongsai menggabungkan seni, sejarah serta gerakan kungfu. Biasanya para pemain kungfu dan sekelompok penari singa itu terdiri dari sepuluh orang.

Gerakan Singa Utara dan Singa Selatan tidak sama. Singa Selatan terkenal dengan gerakan kepala yang keras dan melonjak-lonjak seiring tabuhan gong dan tambur. Sementara, Singa Utara cenderung lebih lincah serta penuh dinamika dan ekspresi.

Salah satu gerakan wajib Barongsai, yang merupakan klimaks dramatis adalah saat si singa memakan amplop berisi uang (angpao). Di atas angpao selalu disertai sayuran selada air sebagai lambang hadiah bagi sang singa. 

Mengenal One Parc Puri

One Parc Puri adalah apartemen hunian modern yang merupakan intergrated development dan mengusung konsep WOHO atau Work Office Home Office yang dikembangkan oleh PT Metropolitan Karyadeka Ascendas.
 
Konsep WOHO yang diterapkan oleh One Parc Puri merupakan konsep Woho pertama di Indonesia yang sebelumnya pernah diterapkan di beberapa Negara berkembang seperti Singapura.

Dan onsep WOHO ini menyatukan ruang bekerja dan ruang hunian dengan akses Lobby dan lift yang berbeda di setiap lantai hunian dan perkantoran.

One Parc Puri akan memasarkan 2 tower yang merupakan perpaduan apartemen hunian berkualitas dan ruang perkantoran dengan berbagai fasilitas mendukung.

Kedua tower itu adalah Tower Orchidea yang merupakan tower hunian 41 lantai dan Tower Olea yang merupakan perpaduan antara hunian dan perkantoran atau Work Office Home Office (WOHO).

Terus kapan acaranya ?
Acaranya bisa temen-temen saksikan pada hari :
Sabtu dan Minggu, tanggal 16 dan 17 Februari 2019 start from 12.00 and finish 17.30. jangan sampai tidak hadir ya temen-temen.

Aktivitas  apa saja yang terselenggara di hari Sabtu dan Minggu ?
ü  Opening Ceremonial.

ü  Barongsai Coaching Class.
ü  Meihua Creation.

ü  Barongsai Perfomance.
ü  Entertainment.
ü  Games yang akan di pandu oleh MC.
ü  Hadiah Angpao (terms and conditions apply).
ü  Food Bazaar.
ü  Instagramable Spot – Free Access.

Lalu bagaimana cara untuk mengikuti Barongsai Coaching Class dan Meihua Creation di Barongsai Festival ?
Peserta wajib melakukan pendaftaran ke contact person Pumpkin Festival, yaitu di 0857-1126-3328 an. (Meli) atau 0838-0842-2553 an. (Atika) sebelum tanggal 14 Februari 2019.
Peserta yang belum mendapatkan giliran dalam kompetisi atau sudah pernah mengikuti, dapat mengunjungi Food Bazaar dan Instagramable Spot.

Kemudian bagaimana cara untuk mengikuti Barongsai Performance di BarongsaI Festival ?
Peserta wajib memasuki area Barongsai Performance dengan membawa undangan.

Penonton yang diizinkan masuk, hanyalah penonton yang sudah diberi cap kantim registrasi oleh panitia.

Hadiah menarik apa yang akan didapatkan oleh pengunjung ?
Penonton Barongsai Performer yang telah membawa undangan akan diberikan kesempatan untuk mengambil dan memilih sendiri hadiahnya di pohon meihua atau pohon angpao.

4 komentar:

  1. Sejarah barongsai yang di tulis dalam blog ini akan membawa dampak pengetahuan baru.

    Sama halnya dengan one Parc Puri yang menghadirkan konsep terbaru tinggal di Singapura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ka, momen yg pas one parc puri menampilkan pertunjukkan barongsai

      Hapus
  2. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  3. numpang promote ya min ^^
    Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus