Pages

Kamis, 23 Mei 2019

Sastra Islam : Kelompok Diskusi Terpumpun


P
ada 20 Mei 2019 MUI (Majelis Ulama Indonesia) mengadakan diskusi terbuka yang bertempat di gedung MUI, Jakarta.

Diskusi tersebut bertemakan seni dan budaya sastra islam yang ada di Indonesia. Dengan menggandeng para pemuda dan pemudi islam baik yang pro atau yang masih awam.
 
Sastra islam merupakan seni atau budaya sastra yang berlandaskan kepada ketuhanan, estetika dan akhlak islam. Menurut para ustadz dan ulama sastra islam itu muncul sebagai media dakwah yang isinya menampilkan tujuh karakteristik islam dalam berdakwah, diantaranya :
ü  Konsistensi.
ü  Pesan.
ü  Universal.
ü  Tegas dan jelas.
ü  Sesuai dengan realita (bukti fakta kenyataan).
ü  Optimis, dan
ü  Menyempurnakan akhlak manusia.

Menurut para sastrawan Indonesia, sastra islam itu sendiri adalah sastra yang mempromosikan sistem kepercayaan atau ajaran islam yang bertujuan untuk memuji dan mengangkat tokoh-tokoh atau penda’i islam.

Lalu kemudian tujuan yang kedua adalah mengkritik realitas yang tidak sesuai dengan bukti fakta kenyataan islam.

Tujuan yang ketiga adalah mengkritik pemahaman islam yang dianggap tidak sesuai dengan semangat islam tulen atau yang bertentangan dengan prinsip-prinsip islam tulen.

Dalam buku literatur sastra, khususnya sastra keagamaan yang mencakup ruang lingkup islam, meski tidak diakui secara universal namun sejarah sastra islam di Indonesia memiliki religius tema yang universal. Tema ini juga menjadi tema yang favorite di kalangan para ustadz dan ulama.

Dalam konteks ini, karya-karya sastra islam yang memiliki nilai utilitas islam dan mengandung nilai unsur sastrawan didalamnya, mau tidak mau didesak agar bahasa islam yang digunakan memiliki karakter yang terstruktur dengan lebih memanusiawikan bahasa sebagai sarana kerja yang lebih kualitatif.

Suasana semacam inilah yang seharusnya dikembangkan dalam menciptakan karya-karya sastra yang memiliki bermacam-macam muatan islam, mengingat di dalam A-Quran terdaapat pesan dan anjuran serta perintah Allah yang seringkali diucapkan dalam bentuk narasi deskriptif serta ungkapan-ungkapan metaforis.

Selain itu juga ada asumsi-asumsi lain tentang pembenaran bahwa puncak kemajuan sastra (seni dan budaya islam) selalu menjadi kehidupan intelektual islam (spiritual islam).

Sebaliknya, jika ada sebuah komunitas yang tidak dimarakkan oleh tradisi intelektual (spiritual islam), secara tidak langsung akan memberi vibrasi yang kuat bagi runtuhnya mutu seni islam (sastra).

Pesantren dan kraton pada masa dahulu menunjukkan hubungan timbal balik yang positif dalam bidang kesusastraan.

Pada abad ke-17 dan 18, pesantren menjadi tempat atau setidaknya inspirasi bagi para pujangga dan sastrawan menghasilkan karya sastra.

Para pujangga Indonesia ini tekun mengembangkan karya-karya sastra dalam berbagai bentuk, seperti :
ü  Kakawin.
ü  Serat, dan
ü  Babad.

Sebelum dibakukan menjadi 'milik kraton' pada pertengahan abad ke-19, teks-teks sastra seperti Serat Jatiswara, Serat Centhini, dan Serat Cebolek juga telah beredar luas di kalangan santri pesisir.

Kisah perjalanan kaum santri pengembara (santri lelana) menuntut ilmu di berbagai pondok mendominasi karya-karya ini.

Sastra pesantren memiliki fungsi sosial dan fungsi pedagogis. Fungsi pedagogis jelas sebagai alat pengajaran etika dan akhlak. Para pemilik naskah yang mayoritas berpendidikan pesantren menegaskan kepemilikannya dengan menambahkan catatan atau tanda tangan pada dua halaman terakhir.

Fungsi sosial sastra pesantren juga ditunjukkan dari cara kaum santri melakukan penggubahan, penambahan, dan penyisipan agar sesuai dengan cita-cita sosial keagamaan kaum santri.

Hikayat malem diwa yang hampir sepenuhnya diwarnai kosmologi hindu disisipi predikat 'guru ngaji di meunasah' kepada tokoh protagonisnya. Meski tampak kecil, sisipan ini mengubah secara total konstruksi cerita islam.

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus