Pages

Minggu, 18 Desember 2022

Cara Chilling - Healing Bagi OYPMK

Cara Chilling - Healing Bagi OYPMK
Cara Chilling - Healing Bagi OYPMK


Bro … kalian masih ingatkah ? apa yang ada di benak, ketika kalian mendengar kata Kusta? Banyak orang yang masih beranggapan bahwa penyakit kusta itu penyakit kutukan, penyakit menular yang tidak bisa disembuhkan. Bahkan ada yang sampai membuang atau mengisolasi pasien pengidap kusta karena dianggap membawa sial atau malu bagi anggota keluarga yang lain. Stigma seperti inilah yang seharusnya mulai kita hilangkan, karena penderita penyakit kusta itu bisa sembuh dan tidak menular dengan penanganan pengobatan yang tepat.

Seperti pengalaman Ardiansyah sebagai OYPMK sekaligus sebagai Wakil Ketua Konsorsium PELITA Indonesia yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan justru dari keluarganya. Awalnya Ardiansyah tidak memberitahu keluarganya mengenai penyakit kusta yang dialami, namun seiring waktu berjalan dan pengobatan yang di lakukan, maka Ardiansyah memutuskan untuk memberitahu keluarganya. Namun sayang dukungan yang di harapkan dari keluarga mengenai penyakitnya ini tidak dia dapatkan.

Tidak ingin larut dalam kesedihan, Ardiansyah bangkit dan justru melakukan kegiatan positif yang bermanfaat serta bergabung dengan komunitas yang sepengalaman. Beliau juga melakukan healing sebagai salah satu proses penerimaan diri.

Saat ini healing banyak dilakukan orang-orang dan menjadi trend di sosial media tentang wisata. Namun, bagi Ardiansyah healing yang dilakukan tidak harus seperti yang dilakukan seperti travelling. Healing bagi OYPMK adalah cara mereka mengapresiasi diri, tapi ada banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan seperti meditasi, menulis, membuat jurnal, melukis dan masih banyak lagi.

Pada live streaming Ruang Publik KBR, rabu 14 desember 2022dengan tema “Chilling-Healing bagi OYPMK, Perlukah?” menampilkan narasumber :

1. Bapak Ardiansyah, OYPMK dan Wakil Ketua Konsorsium Pelita Indonesia kusta

2. Ibu Donna Swita selaku Executive Director di Institute of Women Empowerment (IWE)

3. Rizal Wijaya sebagai host

Dona Swita Executive Direktor IWE
Dona Swita Executive Direktor IWE


Menurut Ibu Donna, healing merupakan salah satu cara pengobatan atas tekanan dan melepaskan diri dari beban mental maupun psikologis yang terpendam. Konsep healing bagi OYPMK yaitu bebas dari diskriminasi, penghakiman dan pengenalan diri sendiri. Dalam prosesnya, ada target dalam healing tersebut yaitu dimensi fisik, psikis, mental, relasi dan spiritual yang tiap OYPMK tentu berbeda targetnya. 

Healing bagi OYPMK penting dilakukan dan tentunya perlu dukungan baik dari keluarga terdekat dan juga lingkungannya. Di sinilah peran IWE membantu para OYPMK dan disabilitas lain untuk bangkit dan dapat berdaya guna dan terlibat dalam kegiatan sosial untuk membangun kepercayaan diri mereka.

Pertanyaan dari penonton youtube berita KBR : Siapa yang berhak melakukan healing? Siapa saja boleh, terlebih diri sendiri dan untuk mereka yang merasa kurang percaya diri atau merasa hidup ini kayaknya nggak adil, termasuk OYPMK.


Ardiansyah
Ardiansyah


Pengalaman Ardiansyah

Awal Ardiansyah masuk ke rumah sakit untuk berobat ia merasakan enjoy aja, namun ketika akhir pengobatan dan mengalami reaksi keluarganya berubah. Ia dilarang untuk bertemu dengan orang lain, termasuk agar berjarak dengan saudaranya yang menyebabkan ia menyimpan luka hati kepada sang Ibu. Dimana seharusnya didukung tapi malah dikucilkan, maka Ardiansyah bertekad bangkit dari keterpurukannya, dan membuktikan diri bahwa dia mampu berdamai dengan diri sendiri yaitu dengan cara healing.

Tips Ardiansyah

1.   Melakukan penerimaan diri, jauhkan diri dari rasa terpuruk dan milikilah mimpi ke depan. Mas Ardiansyah juga berpesan, agar keluarga dari OYPMK selalu memberikan dukungan bukan tekanan psikologis.

2.    Dengan healing merupakan cara mengenali emosi dalam diri  dan menemukan diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi

Sebagai penutup ibu Donna Swita memaparkan jika healing nggak harus keluar duit dan yang terpenting adalah basis awalnya, dimana OYPMK ini harus mengenal dirinya sendiri, mengenali cara berpikir dan melakukan self healing dengan metode yang paling dia nyaman. Seperti meditasi, jurnaling, dan lain sebagainya.

 

Salam Blogger

Adi Putih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar